Konsorsium

KONSORSIUM E-RESOURCES FPPTI DKI JAKARTA

Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi telah mengubah hampir seluruh aktivitas, termasuk cara belajar dan akses informasi. Demikian juga dengan metode pembelajaran di berbagai institusi pendidikan. Sistem pembelajaran online saat ini sudah familier diterapkan di sekolah-sekolah, baik di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah hingga Perguruan Tinggi. Seiring adanya perubahan tersebut, maka akses materi-materi online sangat dibutuhkan. Kebutuhan sumber informasi elektronik (e-resources) seperti halnya e-journal, e-book, dan lainnya bagi para Dosen, Peneliti, dan Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, menjadi kebutuhan yang wajib, apalagi sejak dikeluarkannya Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) Tahun 2017-2045 dalam rangka menyelaraskan kebutuhan riset jangka panjang dengan arah pembangunan nasional terkait ilmu pengetahuan dan teknologi

img
  • Masalah yang terjadi saat ini adalah tingginya harga jurnal internasional yang ditawarkan oleh para Vendor/Agen jurnal, sehingga tidak semua Institusi Pendidikan Tinggi khususnya, memiliki dana untuk menyediakan sumber-sumber informasi seperti jurnal dan literatur bermutu sebagai amunisi para penulis dan peneliti. Perpustakaan sebagai supporting system dengan segala keterbatasan dana diharapkan mampu menyediakan layanan informasi yang dibutuhkan oleh para sivitas akademika melalui akses e-journal, e-book ke berbagai institusi terkait yang menyediakan informasi tersebut secara open.

    Ketidaktersediaan anggaran yang begitu besar untuk berlangganan jurnal nasional maupun internasional telah memicu dan menginspirasi Pustakawan mencari alternative solusi melalui kolaborasi dan berjejaring sesama Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk berlangganan bersama, melalui konsorsium. Konsorsium menjadi pilihan yang tepat bagi Institusi yang belum mampu berlangganan mandiri dalam memperoleh ejournal, ebooks atau publikasi lainnya secara online dengan harga yang relatif murah.

Berdasarkan kebutuhan dan kondisi tersebut, maka FPPTI DKI Jakarta sebagai penyambung amanah FPPTI Pusat dalam visinya sebagai wahana kerjasama antar Perpustakaan Perguruan Tinggi, merasa perlu merealisasi perwujudan kerjasama dalam bentuk membangun Konsorsium E-Journal FPPTI DKI Jakarta. Tujuan utama Konsorsium E-Journal FPPTI DKI Jakarta adalah menyediakan Sumber Informasi Elektronik Berupa E-Journal Internasional yang terjangkau di kalangan Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Konsorsium E-Journal FPPTI DKI Jakarta telah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Dimulai pada tahun 2018 bekerjasama dengan Gale Cengage Learning yang melanggan 4 Subjek yaitu: Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial, Ilmu Teknik, dan Ilmu Kesehatan. Animo peserta terus bertambah, berikut Tabel perkembangan peserta Konsorsium E-Journal selama tiga tahun.

Tahun 2018 2019 2020
Jumlah Institusi 26 35 38
Jumlah Subjek 49 75 81
Tabel: Jumlah Peserta Konsorsium E-Journal FPPTI DKI Jakarta, Tahun 2018-2020

Data base konsorsium E-Journal Gale memiliki Identitas FPPTI DKI Jakarta sebagai penanda bahwa institusi melanggan secara Bersama dan sebagai bukti Kerjasama antar Perpustakaan Perguruan Tinggi yang diakui dalam proses Akreditasi Institusi, Akreditasi Prodi, dan Akreditasi Perpustakaan, sehingga sangat memberikan manfaat bagi perpustakaan dan institusi induknya.